Program Rekursif Deret Kuadrat dalam Bahasa C

Halo semua, disini saya akan kembali menulis mengenai pemrograman dalam bahasa C. Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat program rekursif dalam bahasa C. Sesuai dengan judul postingan, saya akan membagikan cara membuat program rekursif dere kuadrat. Bagi  temen-temen yang belum paham mengenai rekursif akan sedikit saya jelaskan.

Jadi rekursi adalah alternatif dari bentuk iterasi atau perulangan. Perulangan rekursif merupakan salah satu metode didalam pemrograman yang mana dalam sebuah fungsi terdapat instruksi yang memanggil fungsi itu sendiri.

Sebelum melanjutkan ada satu hal yang ingin saya sampaikan yaitu tulisan ini saya buat untuk memenuhi Tugas Pribadi saya di kuliah. Saya ingin mencantumkan data diri saya sebagai syarat dalam tugas ini.

Nama : Hugo Irwanto
NIM : 2001671875
Dosen Pembimbing : YANTO SETIAWAN, S.Kom., M.T.I.

Binus University

Baiklah langsung saja kita mulai.

  • Pertama, kita akan membuat algoritma dari program ini, berikut algoritma dari saya :
    1. Mulai
    2. Masukkan banyak deret kuadrat yang diinginkan
    3. Definisi rekursif dengan for (i = 1; i <= a; i++)
    4. Proses kuadrat
    5. Output deret kuadrat
    6. Selesai
  • Berikut flowchart program deret kuadrat dari saya :

deretkuadrat

  • Dan berikut ini adalah source code dari program rekursif deret kuadrat yang saya buat :
 //Nama : Hugo Irwanto
//NIM  : 2001671875
#include &lt;stdio.h&gt; //library
int main(){
    int i,a;
    printf("\t\t\tBina Nusantara University\n\n"); //Nama Universitas
    printf("==========================================\n");
    printf("Nama : Hugo Irwanto \nNIM  : 2001671875\n"); //Identitas
    printf("==========================================\n");
    printf("Program Rekursif Deret Kuadrat \n \n"); //Nama Program
    printf("==========================================\n");
    printf("Masukkan angka yang anda inginkan: "); //Input angka
    scanf("%d", &amp;a);
        for (i = 1; i &lt;= a; i++){ //Proses rekursif
        printf("%d  ", i*i);
    }
    printf("\n"); //output dari deret kuadrat
    getchar();
    return 0;
}

Maka ketika menggunakan source code yang saya berikan, teman-teman akan mendapatkan tampilan seperti ini :

deretkuadrat

Oke, mungkin sekian dari saya. Jika ada pertanyaan mengenai source code yang saya berikan. Silahkan taruh pada kolom komentar dibawah postingan ini.

Terima kasih, Salam.

2 thoughts on “Program Rekursif Deret Kuadrat dalam Bahasa C

  1. SRIKAYATUN - June 2, 2017 / 11:42 pm

    izin copy link kk,ini infomasi yang sangat bagus dan bermanfaat

    Like

    • Hugo June 3, 2017 / 12:23 pm

      iya silahkan kak asal mencantumkan sumber yaa

      Like

Leave a Reply

