Program Menghitung Bangun Datar 2D dan 3D dalam Bahasa C

Halo kawan-kawan semua, kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit ilmu saya mengenai pembuatan program Menghitung Bangun Datar 2D dan 3D dalam bahasa C. Tulisan ini saya buat untuk memenuhi Tugas Pribadi saya di kuliah. Oh iya sebelumnya saya ingin mencantumkan data diri saya sebagai syarat dalam tugas ini.

Nama : Hugo Irwanto
NIM : 2001671875
Dosen : YANTO SETIAWAN, S.Kom., M.T.I.

Binus University

Pertama, saya akan memberikan cara dan langkah-langkah pembuatan program menghitung luas jajargenjang.

  • Sebelum membuat program, kita harus mengetahui algoritma dari program menghitung luas jajargenjang seperti ini :
    1. Mulai
    2. Masukkan nilai dari alas
    3. Masukkan nilai dari tinggi
    4. Hitung luas jajargenjang dengan rumus l=a x t
    5. Output luas jajargenjang
    6. Selesai
  • Kemudian flowchart untuk program menghitung luas jajargenjang seperti ini :

jajargenjang

  • Dari algoritma dan flowchart yang sudah ada, kita bisa membuat code program. Disini saya akan memberikan source code program menghitung luas jajargenjang milik saya ini :
#include<stdio.h>
int main()
{
float a,t,l;

printf("\t\t\tBina Nusantara University\n\n"); //Nama universitas
printf("==========================================\n");
printf("Nama : Hugo Irwanto \nNIM  : 2001671875\n"); //Identitas Pembuat
printf("==========================================\n");
printf("Program Menghitung luas jajar genjang \n \n"); //Judul Program
printf("==========================================\n");
printf("Masukkan nilai alas jajar genjang : "); //Input nilai Alas
scanf("%f", &a);
printf("Masukkan nilai tinggi jajar genjang : "); //Input nilai Tinggi
scanf("%f", &t);

l=a*t; //Rumus hitung Jajargenjang

printf("Luas Jajar Genjang = %.2f\n", l); //Output hasil Luas Jajargenjang

return 0;
}
  • Tampilan dari source code yang saya bagikan adalah sebagai berikut :

hasiljg

Berikutnya saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan program Menghitung Volume Kerucut.

  • Sama halnya dengan pembuatan program menghitung luas jajargenjang. Kita juga akan mulai dengan membuat algoritma dari program menghitung volume kerucut :
    1. Mulai
    2. Masukkan nilai dari jari-jari
    3. Masukkan nilai dari tinggi
    4. Hitung volume kerucut dengan rumus v=1/3 x phi x r x r x t
    5. Output volume kerucut
    6. Selesai
  • Kemudian flowchart dari program menghitung volume kerucut seperti ini :

flowkerucut

  • Setelah itu kita dapat membuat program menghitung volume kerucut dengan bahasa C, disini saya akan membagikan source code dari program saya, berikut source code saya :
#include<code class="plain plain"><stdio.h></code>
#define PHI 3.14
#define kuadrat(X) ((X)*(X))
int main()
{
int r, t;
float v;
printf("\t\t\tBina Nusantara University\n\n"); //Nama Universitas
printf("==========================================\n");
printf("Nama : Hugo Irwanto \nNIM : 2001671875\n"); //Identitas
printf("==========================================\n");
printf("Program Menghitung Volume Kerucut \n \n"); //Nama Program
printf("==========================================\n");
printf("Masukkan nilai jari-jari kerucut : "); //Input nilai jari-jari
scanf("%d", &r);
printf("Masukkan tinggi kerucut : "); //Input nilai kerucut
scanf("%d", &t);
v=1.0/3.0*PHI*kuadrat(r)*t; //Rumus hitung volume kerucut
printf("Volume kerucut = %.2f\n", v); //Output hitung volume kerucut
return 0;
}
  • Berikut adalah output apabila kita menjalankan source code yang saya bagikan diatas :

hasilkerucut

Itulah yang mungkin dapat saya sampaikan kali ini, jika ada problem atau error dalam menjalankan program diatas silahkan berikan komentar pada kolom komentar dari saya. Terima kasih atas kunjungannya.

See you!

Leave a Reply

