Doa bagi Lisan yang Kaku – Ustadz M Abduh Tuasikal

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Teman-teman saya pengunjung blog yang dirahmati oleh Allah Subhanallah Ta’ala. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kembali sedikit ilmu mengenai Doa Bagi Lisan yang Kaku dari ceramah Ustadz M Abduh Tuasikal.

Baiklah berikut sedikit penjelasan dari beliau :

Biasanya seseorang yang berada di depan publik untuk berbicara akan merasakan lidah dan lisannya sulit untuk mengatakannya karena grogi. Tapi kita sebagai seorang muslim jika menghadapi keadaan seperti itu maka marilah kita berdoa memohon pertolongan Allah supaya bisa mengutarakan pendapat, mengutarakan pembicaraan kita di hadapan orang banyak termasuk juga ketika menyampaikan kajian. Ada pula do’a yang di ajarkan oleh nabi Salallahu ‘alaihi wa sallam. Doa ini digunakan untuk meminta agar di lapangkan hati kita, dimudahkan urusan kita dan mulut, lidah, lisan yang sulit berbicara di mudahkan oleh Allah untuk berbicara, doa tersebut adalah:

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِيوَيَسِّرْ لِي أَمْرِيوَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي

Artinya : “Ya Rab ku bukakanlah kelapangan untuk dada ku, kelapangan untuk hati ku, itu untuk menerima segala hal untuk menghadapi kesulitan, untuk menerima takdir Allah, untuk mudah menghadapi beban berat dan mudahkanlah urusan ku, dan lepaskanlah ikatan pada lisan ku, berikanlah pemahaman ketika aku menyampaikan pembicaraan” (Q.S Thoha 25-28).

Pada doa diatas ada permintaan disini, kita meminta kelapangan dada, yaitu agar mudah untuk menerima nikmat yang mungkin ada pada orang lain, tidak iri tidak hasad, lapang dada ketika menerima cobaan serta ketika menerima terbatasnya rezeki yang pas-pasan, dan juga ketika diberikan musibah atau cobaan, serta kita minta supaya urusan kita mudah. Kemudian lepaskan ikatan pada lidah ku, dan berikanlah pemahaman pada orang-orang yang mendengar pembicaraan ku , artinya pembicaraan tadi itu mudah-mudahan setiap orang yang mendengarnya itu bisa memahami.

Maka teman-teman sekalian mari kita amalkan doa yang sedikit tapi penuh dengan pengharapan kepada Allah Subhanallah Ta’ala. Mudah-mudahan dengan mengamalkannya doa ini bisa menjadikan kita orang yang lapang dada, Allah mudahkan segala urusan kita, dan juga kita diberikan lisan yang mudah dalam berbicara.

Akhir kata, semoga yang singkat ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Saya lampirkan pula video ceramah beliau :

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s