Ceramah Singkat: Doa Setelah Wudhu – Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Saudara-saudara muslim pengunjung blog saya yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan kembali berbagi ilmu tentang ceramah yang telah saya dengarkan dari Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal dengan pembahasan kali ini yaitu : “Doa Setelah Wudhu”.

Tanpa berpanjang cerita lagi berikut intisari dari ceramah beliau :

Ada amalan sederhana yang kita dapati ketika kita selesai berwudhu, dan amalan ini nantinya akan membuat kita diantara pintu surga yang delapan serta akan membuat kita mudah memasuki surga. Sebuah hadist akan membuat kita termotivasi untuk melaksanakan ini. Diriwayatkan dari Umar bin Khatab Radhiyallahu’anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi wa salam, beliau bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُبْلغُ – أَوْ فَيُسْبِغُ –
الوُضُوءَ ، ثُمَّ يقول : أشهَدُ أنْ لا إلهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ ، وَأشْهَدُ أنَّ مُحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ ؛ إِلاَّ فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ
أَيِّهَا شَاءَ رواه مسلم . وزاد الترمذي : اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

Artinya : “Barang siapa di antara kalian berwudhu lalu menyempurnakan wudhunya, kemudian berkata, aku bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan rasul (utusan)-Nya, maka akan dibukakan untuknya pintu surga yang delapan dan dia bisa masuk ke dalamnya lewat pintu mana saja yang dikehendakinya.”
(Shohih. HR. Muslim I/209 no.234, dan imam Ahmad di dalam Al-Musnad IV/145 no.17352).

Dari hadist tersebut bisa kita ambil hikmah bahwasanya jika kita berdoa setelah berwudhu dan membaca doa tersebut maka akan dibukakan pintu surga yang delapan kepada yang mengamalkan dan dia bisa masuk kedalam surga lewat pintu mana saja yang dia kehendaki.

Kemudian ada tambahan dari riwayat Imam At-Tirmidzi Rahimahullah, dan beliau menambahkan:

وزاد الترمذي : اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ ، وَاجْعَلْنِي مِنَ المُتَطَهِّرِينَ

Artinya : “Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mensucikan diri.”

Tambahan berikut merupakan sebuah doa dimana kita memohon kepada Allah agar dijadikan termasuk orang-orang yang bertaubat serta memohon agar dijadikan orang-orang yang mensucikan diri. Mensucikan diri disini yang dimaksud ada 2, yaitu pertama mensucikan diri secara lahir dan yang kedua adalah mensucikan diri dari dosa.

Demikian yang dikatakan oleh para ulama ketika menafsirkan doa tersebut, dan ingat bahwa itu merupakan bacaan yang sederhana akan tetapi ketika mengamalkan kita dibukakan delapan pintu surga dimana kita bisa memasuki lewat pintu manapun. Subhanallah.

Itulah sedikit ilmu yang saya dapatkan dan semoga kita dapat senantiasa mengamalkan dan jika sudah mengamalkan kita sampaikan kepada orang terdekat kita.

Berikut pula saya lampirkan video ceramahnya :

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s