Ceramah Singkat: Jangan Lalaikan Sholat Berjamaah – Ustadz Umar Al-Fanani

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sodara-sodara muslim saya yang berbahagia, berjumpa kembali dalam tulisan blog saya. Kali ini saya ingin membagi ilmu kembali dengan kalian semua. Ilmu yang akan saya bagi ini saya dapatkan dari ceramah dan kajian singkat dari Ustadz Umar Al-Fanani. Dengan bahasan “Jangan Lalaikan Sholat Berjamaah”.

Baiklah berikut intisari dari ceramah beliau :

Sholat berjamaah merupakan salah satu keutamaan yang sangat luar biasa dalam agama islam. Bahkan sholat berjamaah adalah ibadah yang sangat yang ditekankan dalam agama, bahkan mendapatkan posisi paling depan disisi Allah dan Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

مَا مِنْ ثَلَاثَةٍ فِي قَرْيَةٍ وَلَا بَدْوٍ لَا تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلَاةُ إِلَّا قَدْ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ فَعَلَيْكُمْ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ

Artinya : “Tidaklah ada tiga orang dalam satu perkampungan atau pedalaman tidak ditegakkan pada mereka shalat, kecuali Syaithan akan menguasainya. Berjama’ahlah kalian, karena serigala hanya memangsa kambing yang sendirian.”

Kemudian jika kita sholat secara berjamaah tentunya terdapat banyak sekali keutamaan daripada kita sholat secara sendirian.Salah satunya jika kita sholat secara berjamaah maka shalat kita secara berjamaah akan lebih utama 27 derajat dibandingkan dengan sholat sendirian.

Dari Abdullah bin Umar  radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

“Shalat berjamaah itu lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 derajat.”

Bahkan jika dalam sholat isya dan subuh kita lakukan secara berjamaah maka akan ada kelebihan lagi seperti hadist yang diriwayatkan oleh An-Nawawi rahimahullah menyebutkan dalam Syarh Shahih Muslim, bab “Keutamaan Shalat Isya dan Subuh dengan Berjamaah”, dari ‘Utsman bin Affan  radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

“Barang siapa shalat isya dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat setengah malam. Barang siapa shalat isya dan subuh dengan berjamaah, pahalanya seperti shalat semalam penuh.” (Syarh al-Bukhari, al-‘Utsaimin, 3/62, Fathul Bari, 2/154—157).

Jadi kesimpulan dari hadist-hadist yang telah kita baca diatas tentu saja sholat secara berjamaah lebih utama dibandingkan kita sholat secara munfarid.

Seharusnya kita menyesal jika sampai-sampai saja kita tertinggal sholat berjamaah. Bukankah kita semua ingin menjadi hamba yang benar-benar bertaqwa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita selalu menjaga dan berusaha agar selalu dapat menunaikan sholat secara berjamaah seperti yang disabdakan oleh Nabi Agung Muhammad SAW.

Berikut saya bagikan pula video ceramah tersebut :

Akhir kata, itulah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan. Mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang salah. Semoga kita semua dalam perlindungan Allah SWT.

Jazakallah Khairan.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s