Ceramah Singkat: Kenapa hanya Allah? – Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Berjumpa kembali dengan saya dalam blog saya yang sederhana ini. Kali ini saya akan kembali membagi tulisan saya yang berisi ilmu dari ceramah singkat Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. Dengan ceramah singkatnya yang berjudul “Kenapa hanya Allah? “.

Dan berikut intisari atau pelajaran yang saya petik dari ceramah tersebut.

Gunung yang menjulang tinggi merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Melihat seperti memang rasanya tidak ada yang pantas disembah, tidak ada yang pantas untuk ibadah, tak ada yang pantas untuk kita sholat kepadanya berpuasa karenanya menunaikan haji dan umroh karena memenuhi panggilan nya membayar zakat untuk memenuhi perintahnya yaitu beribadah hanya kepada Allah yang Maha Esa beribadah.

Hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala lah satu-satunya tiada sekutu bagi Allah. Dan Mengapa Allah subhanahu wa ta’ala yang paling berhak disembah? Dan mengapa kita tidak pantas untuk memohon, meminta serta berdoa beribadah dengan segala macam aktivitas ibadah kecuali hanya kepada Allah SWT? Sebabnya ciptaan yang bergitu luar biasa tingginya hanya Allah SWT yang mampu menciptakan.

Coba perhatikan jika kita ingin benar-benar mentadabburi ayat suci Al’Quran perhatikan surat An-Naml Ayat 60-62, Allah SWT menjelaskan kekuasaannya.

Surah An-Naml ayat 60 :

أَمَّنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا بِهِ حَدَائِقَ ذَاتَ بَهْجَةٍ مَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُنْبِتُوا شَجَرَهَا ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ بَلْ هُمْ قَوْمٌ يَعْدِلُونَ

Artinya : “Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yang menyimpang (dari kebenaran). ”

Surah An-Naml Ayat 61 :

أَمَّنْ جَعَلَ الْأَرْضَ قَرَارًا وَجَعَلَ خِلَالَهَا أَنْهَارًا وَجَعَلَ لَهَا رَوَاسِيَ وَجَعَلَ بَيْنَ الْبَحْرَيْنِ حَاجِزًا ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya : “Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui.”

Surah An-Naml Ayat 62 :

أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِ ۗ أَإِلَٰهٌ مَعَ اللَّهِ ۚ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ

Artinya “Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).”

Dari ayat-ayat diatas bisa kita ambil pelajaran bahwasanya Gunung-gunung berdiri dengan tegak dan kokoh, bumi sebagai tempat berpijak, dan bahkan adanya pemisah diantara 2 laut itu semua adalah ciptaan dan tanda kebesaran Allah.

Bahkan dalam sebuah peneliatan menyebutkan bahwa gunung-gunung mempunyai akar dibawah mereka yang menghujam kedalam bumi, sehingga seolah gunung mempunyai bentuk bagaikan pasak. Kemudian penelitian dan penemuan tentang adanya pemisah antar air laut ditemukan yaitu contohnya penyelidikan pada lautan Mediterania dan Laut Atlantik yang dilakukan oleh Oceanographer terkenal dari Perancis, J.Costeau yang kemudian meneliti titik pertemuan air lautan hingga ke Selat Gilbraltar dan dari hasil termuannya ternyata air laut diantara Laut Mediterania dan Laut Atlantik tidak bercampur dan seolah ada dinding yang membatasi pertemuan mereka. Subhanallah sungguh Allah Maha Kuasa dan Maha Pencipta.

Sungguh amat sedikitlah kalian mengingat hal itu. Dari 3 ayat ini sudah sangat jelas bahwasanya tidak ada yang berhak disembah melainkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak pantas kita menyembah selain salah satu jawabannya kalau ditanya kenapa Allah? Karena Allah lah Sang Pencipta, Sang Pengatur dan yang Maha berkuasa. Al-Khaliq, Al-Malik, Al-Mudabbir.

Wallahu A’lam. Itulah sedikit ilmu yang bisa saya sebar luaskan dan saya bagi kepada sodara-sodara semua. Dan saya lampirkan pula video ceramah tersebut.

Jazzakallah Khayran.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s