Ceramah Singkat : Kenyamanan Palsu – Ustadz Subhan Bawazier

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai kawan, pagi ini saya telah mendengarkan sebuah ceramah dari Ustadz Subhan Bawazier. Nah disini saya ingin membagikannya dengan teman-teman semua.

Berikut catatan intisari dari ceramah beliau :

Allah berfirman dalam Surah Al-A’raaf Ayat 96 :

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَىٰ آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَٰكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya : “Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.”

Dari firman Allah SWT tersebut kita pelajari bahwa Allah akan memberikan rahmat, keberkahan serta kemuliaan kepada kita jikalau kita beriman kepada-Nya. Ingatlah bahwa janji Allah itu pasti. Kemuliaan akan didatangkan kepada kita dengan cara-cara yang dikehendaki oleh Allah.

Terkadang manusia menganggap keberkahan yang ia miliki adalah kebaikan yang Allah janjikan padahal belum tentu. Karena yang namanya Al Maunah, memnita pertolongan Allah yaikni dengan sabar dan sholat.

Kita lihat fenomena keindahan alam yang begita menakjubkan mereka menganggap bahwa kemulian sangat dekat dengan mereka tapi yang dipertontonkan adalah hal-hal yang bertentangan dengan kemuliaan, yaitu syirik. Kesyirikan yang merajalela padahal inilah yang dinamakan Istidraaj yaitu kenyamanan dan kemuliaan yang bukan dari Allah.

Mungkin banyak orang yang beriman namun tidak terkecupi dalam kebutuhannya, ya hal itu memang fitrah Allah kepada hambanya dan tugas hamba yaitu bersyukur atas pemberian yang Allah berikan.Bersyukur atau bersabar.

Ada 2 kemuliaan yang dijanjikan dalam islam. Pertama orang yang bersyukur, jika kita bersyukur atas pemberian Allah niscaya Allah akan menambah nikmatnya kepada kita seperti dalam firman Allah Q.S Ibrahim ayat 7 :

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya : “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti Aku akan menambah (nikmat) kepada kalian; dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” [QS Ibrahim: 7]

Dan yang kedua orang yang bersabar, seperti dalam Firman Allah SWT Q.S Al-Anfal 46 :

إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Artinya : “Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ”

Maka dari itulah kita wajib bersyukur serta bersabar dalam keadaan apapun. Karena tidak akan ada  pertolongan bagi orang-orang yang berbuat syirik. Kemulian datang dengan sebab kebaikan, maka janganlah tertipu dengan kenyamanan yang datang karena keburukan yang kita lakukan.

Berikut video ceramahnya :

Begitulah ceramah singkat tersebut, terima kasih sudah mau membacanya.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s