Ceramah Singkat : Gadget, Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur – Ustadz Syafiq Reza Basalamah

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hai arek kawanku semuanya, kali ini saya ingin memberikan sedikit ilmu yang saya dapat dari mendengar Ustadz Syafiq Reza Basalamah. Dari ceramah singkatnya yang berjudul “Gadget, Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur”. Saya belajar dan ingin membagikan kepada kalian semuanya.

Beginilah intisari dari ceramah singkat beliau :

Tatkala ketika kita baru bangun dari tidur lelap kita yang nyenyak dan sangat nyaman janganlah kita menyentuh peralatan elektronik kita seperti HP, Laptop, Tablet dan gadget lainnya. Tapi hal pertama yang harus kita lakukan pertama adalah bersyukur kepada Sang Pencipta Allah SWT.

Katakanlah :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Segala puji bagi Allah yang menghidupkan aku kembali setelah mematikan aku dan kepada Allah akan bangkit”.

Kita harus bersyukur karena kita masih bisa bangun ketika selesai tidur. Kita mati pada saat tidur dan Allah mengembalikan ruh kita saat terbangun. Sehingga setelah kita bangun dan melakukan aktifitas kita harus melaksanan untuk Allah dan nantinya ketika tidur kembali karena kita harus ingat bahwa kita akan mati dan kembali kepada Allah SWT.

Dan berdoalah kita sebelum tidur :

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَاَمُوْتُ

“Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan aku mati. ”

Itulah adab yang harus kita lakukan saat akan tidur maupun bangun tidur janganlah kita mendahulukan gadget kita setelah kita bangun sehingga kita lupa bersyukur kepada Allah.

Jika kita bersyukur akan pemberian Allah, maka Allah akan menambah nikmatnya kepada kita. Semoga kita semua merupakan hamba-hamba Allah yang pandai dalam mensyukuri nikmat-nikmatnya.

Bagi teman-teman yang inginmenonton videonya saya lampirkan pula videonya :

Terima kasih.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Leave a Reply

