Siapa Manusia Yang Paling Allah Cintai? – Ustadz DR Syafiq Riza Basalamah, MA

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Halo rek, pada kesempatan ini aku akan berbagi tentang sebuah ceramah singkat yang telah aku dengarkan melalui video Ustadz DR Syafiq Riza Basamalah, MA. di channel yufidTV malam ini.

Topik ceramah kali ini yaitu “Siapakah Manusia Yang Paling Allah Cintai?“. Berikut penjelasannya

Pada suatu ketika datanglah seorang sahabat Rasulullah SAW dan beliau bertanya “Wahai Nabi, siapakah manusia yang paling dicintai oleh Allah?”. Tentunya kita ingin dicintai oleh Allah SWT sang pencipta Alam dan seisinya. Siapa yang tidak ingin dicintai Allah? Kita pasti ingin agar dicintai Allah SWT.

Hidup pasti akan sangat membahagiakan apabila kita mendapat kasih sayang dan dicintai oleh Allah SWT. Kemudian Rasulullah SAW menjawab pertanyaan sahabatnya “Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Dia yang bermanfaat bagi nusa, bangsa, negara, masayarakat, serta yang paling utama adalah orangtuanya, adalah manusia yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Terkadang semua orang berfikir bahwa memberikan bantuan dan manfaat hanya bisa berupa materi, padahal yang paling utama dan harusnya menjadi sebuah tujuan bagi seluruh hamba-Nya dalam memberikan manfaat kepada orang lain yaitu Bagaimana menyelamatkan saudara kita dari api neraka? Bagaimana mengajak mereka dari ruang kegelapan ke dalam cahaya terang islam? Bagaimana menyampaikan ayat-ayat Allah dan menyelamatkan seseorang yang harusnya berada didalam kerak api neraka dan memberikan manfaat, itulah manfaat utama selain manfaat lainnya.

Seorang muslim yang ingin dicintai Allah harus bisa menempatkan prioritas, mana yang harusnya didahulukan tatkala ingin memberikan manfaat kepada orang lain. Apa manfaat yang bisa kita berikan kepada orang lain?. Bukan karena kita minta manfaat dari orang itu apalagi minta ganjaran. Tapi karena mengharapkan agar sang pencipta mencintai kita.

Terkadang jika orangtua berpikir apa manfaat yang bisa ia berikan kepada anaknya? Menyekolahkan dia, menafkahi dia, membelikan kebutuhan dia. Tapi sebenarnya orangtua harusnya berpikir untuk menuntun dan menolong anaknya sehingga jauh dari api neraka dan memasukkan kedalam surga Allah. Allah Berfirman dalam penggalan surat At-Tahrim Ayat 6 :

(يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا۟ قُوٓا۟ أَنفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا ﴿التحريم:٦

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka

Itulah manfaat yang utama dan seharusnya kita pikirkan agar dapat mengamalkannya. Bagi teman-teman yang ingin menonton videonya berikut saya lampirkan

Terima kasih.

وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Advertisements

2 thoughts on “Siapa Manusia Yang Paling Allah Cintai? – Ustadz DR Syafiq Riza Basalamah, MA

  1. Nabila April 16, 2017 / 7:04 pm

    Terimakasih. Artikel yg bermanfaat. Semoga anda bisa menjadi org yg disayangi allah karena telah memberikan manfaat kpd org laain

    Like

    • Hugo April 22, 2017 / 10:36 pm

      Aaamiin terima kasih ukhti, semoga kita semua senantiasa diberikan rahmat oleh Allah

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s