Cara Mengatasi Error “Solve MySQL extension is deprecated & will be removed in the future of PHP”

Halo gan, ane mau cerita sebelumnya. Kemaren waktu ane kerja kan kebetulan ane mau buat koneksi database MySQL pake PHP. Eh, ketika ane selesai buat trus ane save tuh waktu ane jalanin ternyata dapet error begini nih “Solve MySQL extension is deprecated & will be removed in the future of PHP”. Waduh, ternyata masalahnya itu ada pada MySQL ekstensinya gan, biasanya yang udah pada upgrade MySQL bakal nemuin masalah ini. Ya sebenernya sih ga susah-susah amat buat ngilangin nih error, tapi ya biar pada tau juga lah yaa buat agan-agan yang browsing cari cara buat ngatasin tuh error.

Langsung saja gan begini nih langkahnya :

Umumnya kan kalo kita mau koneksi database biasanya pake command gini nih:

$host = "localhost";
$user = "root";
$pass = "";
$dbName = "database";
mysql_connect($host, $user, $pass);
mysql_select_db($dbName)
or die ("Connect Failed !! : ".mysql_error());

Nah, buat ngerubah jadi SQLi syntax ubah seperti ini :
$connect = mysqli_connect('localhost', 'user', 'password', 'dbname');

Buat dapetin query data, gunakan syntax seperti ini:
// Old
mysql_query('CREATE TEMPORARY TABLE `table`', $connect);
// New
mysqli_query($connect, 'CREATE TEMPORARY TABLE `table`');

Itu udah ane kasih tau caranya, sebenernya ada cara tercepat buat ngatasin error itu, yaitu remove aja report PHP, caranya tambahkan code PHP ini pada file program PHP kalian.

error_reporting(E_ALL ^ E_DEPRECATED);
Oke gan, terima kasih sudah berkunjung dan baca artikel ane, kalo semisal masih ketemu error atau bingung dengan penjelasan ane silahkan langsung aja kontak ane yaa. Baiklah semoga bermanfaat. Salam.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s