Instalasi & Konfigurasi VMware vSphere Hypervisor (ESXi) 6.0

Halo rek… Berjumpa kembali hahaha, setelah kemaren ane udah nge-post tutorial konfigurasi proxmox. Kali ini bakalan ane share tutorial konfigurasi instalasi VMware vSphere ESXi 6.0. Sebenernya sih tutorial ini udah pengen ane bagiin sejak lama, berhubung kendala hardware yg speknya minim jadi ane kesulitan buat ngelab pake perangkat sendiri wkwk. Sekarang sih alhamdulillah, alhasil duit dari ane nabung, akhirnya ane bisa upgrade RAM bro. Langsung aja ane eksekusi buat ngelab ESXi dan alhamdulillah juga sekarang ane bisa ngepost tutorialnya hahaha.

Baiklah itu sedikit cerita ane, sekarang langsung saja ke pembahasan. Buat yang belum tau apa itu virtualisasi mungkin bisa browsing google dulu kali gan. Tapi semoga semuanya udah pada tau apa itu virtualisasi yaa, nah untuk VMware vSphere ESXi ini ane bakal kasih penjelasan dikit. Jadi vSphere ESXi ini salah satu produknya VMware guys, nah produk yang satu ini nih fungsinya sebagai OS Hypervisor seperti namanya gitu bro. vSphere ESXi ini merupakan jenis native hypervisor yang diinstall langsung pada server host, jadi ga perlu nginstall sistem operasi host dulu semacam windows, linux, Mac, dll. Pada situs resminya VMware vSphere Standard dibanderol seharga $1,268.00. Widiiih lumayan bro, tapi kalo semisal buat tujuan testing atau belajar vSphere ESXi ini bisa kita gunakan secara trial free selama 60 hari guys, Alhamdulillah hehe.

Itu gan penjelasan singkatnya, kalo kurang jelas bisa kontak ane atau browsing lagi dulu dah. Sekarang untuk tutorial installnya bro :

  1. Jalankan instalasi vSphere Hypervisor ESXi 6.0, trus pilih ESXi-6.0.0-itulahhehe1
  2. Kemudian tekan Enter untuk melanjutkan instalasi.2
  3. Nah, selanjutnya ada End User License Aggrement (EULA), tekan F11 untuk menerima EULA.3
  4. Selanjutnya pilih partisi harddisk, jika sudah bisa ditekan enter bro. 4
  5. Kemudian pilih tuh keyboard layout. 5
  6. Abis itu akan ada konfirmasi root password, silahkan isi jika sudah tekan enter untuk melanjutkan. 6
  7. Kemudian konfirmasi instalasi, tekan F11 untuk proses instalasi. 7
  8. Tunggu proses instalasi. 8
  9. Instalasi selesai bro. Tekan Enter buat reboot9
  10. Nah ini tampilan setelah instalasi.
  11. 10Selanjutnya bisa deh kita ubah ip addressnya, tekan aja F2 dan masukkan password root gan. 11
  12. Kemudian pilih Configure Management Network.12
  13. Pilih IPV4 Configuration. 13
  14. Nah ubah deh tuh ip sesuai kebutuhan.Kalo udah tekan Enter.
  15. 14Trus ada konfirmasi tentang restart network management, tekan (Y) untuk konfirmasi. 15
  16. Kalo semisal ingin mengaktifkan/menonaktifkan SSH bisa dikonfigurasi pada Troubleshooting Options silahkan di Enter. 16
  17. Kemudian enable/disable SSH sesuai kebutuhan. 17
  18. Konfigurasi instalasi VMware vSphere ESXi telah selesai. Untuk manajemen virtual machine kita bisa lakukan dengan berbagai cara, yaitu :
    • vSphere Client
    • ESXi Web-client
    • VMware vCenter
    • VMware Workstation.
  19. Kali ini saya akan menggunakan vSphere client sebagai contoh remote. Masukkan IP ESXi, username root dan password ESXi yang telah di masukkan tadi sewaktu instalasi.18
  20. Selanjutnya akan ada security warning tentang certificate, klik centang aja pada bagian “Install this certificate and do not display security warnings for ip” 19
  21. Nah, berikut tampilan remote ESXi dengan vSphere Client. 20

Instalasi telah selesai gan hahaha, nah jika semisal kalian terdapat kesuliatan bisa kontak saya saya, bisa dilihat pada bagian contact web ini. Baiklah, terima kasih dan sekian semoga bermanfaat. Salam.

One thought on “Instalasi & Konfigurasi VMware vSphere Hypervisor (ESXi) 6.0

Leave a Reply

